Yuk Mengenal Desain Dan Peralatan Molding Atau Molding Design And Tooling

Mengenal Desain Dan Peralatan Molding – 1/2

Mengenal Desain Dan Peralatan Molding Yuk

Cetakan injeksi plastik adalah metode manufaktur yang tepat, dimana resin cair disuntikkan ke dalam cetakan yang dirancang kembali. Ketika porsi mendingin dan membeku, bagian ini kemudian dikeluarkan dari cetakan untuk menambahkan sentuhan akhir. Perkakas dan desain cetakan merupakan aspek penting dari cetakan injeksi.

Molding Design And Tooling

Desain cetakan dan berbagai komponen yang terlibat (umumnya dikenal tooling) adalah proses yang sangat kompleks yang membutuhkan tingkat tinggi keahlian teknis. Selain itu, proses ini membutuhkan pengetahuan teknis untuk memproduksi komponen plastik dengan dimensi dan karakteristik desain tertentu. 

Desain Cetakan

Para insinyur cetakan perkakas dan desainer perlu membuat perhitungan yang tepat dari ukuran pintu (untuk mendapatkan beban yang sesuai) dan teknik yang peralatan tawaran daya tahan. 

Selain itu, penting untuk merancang suatu sistem slide dan pintu untuk mendapatkan distribusi seragam dari resin plastik ke dalam cetakan. Hal ini juga penting untuk mempertimbangkan penempatan yang benar dari pendinginan saluran sepanjang dinding cetakan untuk menciptakan produk yang homogen dan menghilangkan cacat yang umum terjadi pada cetakan injeksi plastik. 

Komponen kompleks plastik membutuhkan desain cetakan kompleks. Berbagai komponen yang akan ditambahkan ke cetakan untuk tujuan ini. Hal ini dapat mencakup fitur seperti perangkat berputar, silinder hidrolik, laci multi-format, pelat apung, dll 

Artikel ini menerangkan elemen-elemen utama yang terlibat dalam reka bentuk acuan, pemilihan bahan, dan langkah-langkah utama kamera. 

Yuk Mengenal Desain Dan Peralatan Molding Atau Molding Design And Tooling
Yuk Mengenal Desain Dan Peralatan Molding Atau Molding Design And Tooling

Desain Mould- Komponen Utama

Cetakan adalah bagian terpenting dari proses pencetakan injeksi plastik. Desain perkakas dan cetakan menentukan keberhasilan keseluruhan proyek. 

BACA JUGA  jasa design molding plastik jakarta

Desain Cetakan

Cetakan terdiri dari dua bagian utama: inti dan rongga. “Rongga internal” adalah ruangan kosong yang menerima resin plastik disuntikkan. Berbagai persyaratan produksi menggunakan “multi-rongga” atau cetakan keluarga untuk membuat bagian-bagian yang merupakan komponen yang sama atau berbeda dari bagian plastik pada suatu waktu. 

Berikut adalah komponen utama yang terlibat dalam perancangan cetakan:

Gates

Runner adalah saluran di mana aliran resin cair. Gerbang seperti namanya, adalah pembukaan pada akhir runner ketika resin memasuki rongga cetakan. 

Berbagai jenis gerbang ditentukan berdasarkan kebutuhan yang berbeda. Namun, faktor utama yang menentukan jenis, ukuran, bentuk dan lokasi dari grid adalah waktu pendinginan, toleransi, beban tekanan, dan kondisi aliran optimal. Selain itu, pintu harus ditempatkan secara hati-hati untuk menghindari cacat seperti tanda aliran, busur, dan amortisasi. 

Sudut Draf

Setelah menyuntikkan resin ke dalam rongga cetakan, untuk memungkinkan pendinginan / pengerasan, langkah berikutnya adalah untuk menghapus produk dari cetakan tanpa merusak benda kerja. Hal ini dilakukan dengan menggunakan sudut izin (kerucut) dari dinding cetakan. 

Desainer cetakan harus hati-hati mengevaluasi tingkat sudut aliran udara mengambil memperhitungkan berbagai faktor seperti desain dan kompleksitas bagian, resin, kedalaman rongga, tekstur, penyusutan, dll. 

Sudut konsep dapat bervariasi dari 1 hingga 5 derajat tergantung pada bagian. Semakin dalam rongga cetakan, besar sudut udara aliran diperlukan untuk menghapus bagian selesai. 

Permukaan Selesai

Permukaan akhir merupakan aspek penting dari desain. Alat desain dan cetakan memainkan peran penting dalam menentukan hasil dari permukaan. 

Selesai juga tergantung pada faktor-faktor seperti pendinginan cetakan, bagian pendingin, dan kontrol suhu umum. Berbagai resin cetakan plastik memerlukan suhu yang berbeda dan waktu pendinginan untuk mencapai finish diinginkan. 

BACA JUGA  perusahaan fabrikasi cetakan molding plastik bandung

Selain itu, desainer sering termasuk pola dan tekstur pada permukaan cetakan untuk membuat hasil akhir yang diinginkan. Sebagai contoh, daripada bekerja untuk menambahkan simbol pada bagian-bagian plastik yang datang, desainer sering memasukkannya ke dalam desain cetakan.

Kami Sentra Teknika Prima melayani jasa desain molding dan pembuatan molding dengan peralatan yang cangguh dan modern serta teknisi berpengalaman.

Lanjutan Artikel Mengenal Desain Molding – lanjutan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp